Adi Prabowo

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

EPSBED

E-mail Print PDF

EPSBED adalah sebuah sistem dari DIKTI untuk mendata Program Studi tiap Universitas di indonesia. EPSBED merupakan singkatan dari Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri.
EPSBED juga merupakan bentuk komunikasi antara Perguruan Tinggi dengan DIKTI.

Berdasarkan pengalaman, universitas seringkali dipusingkan oleh EPSBED ini, hal ini dapat terjadi karena:

  1. Database aplikasi dari DIKTI sangat kompleks dengan nama tabel dan field yang susah dimengerti.
  2. Beberapa tabel ada yang seharusnya tidak perlu, misal tabel yang memuat riwayat SKS dan Nilai mahasiswa per semester.
    Seharusnya hasil penghitungan dari suatu data dalam tabel database tidak perlu disimpan, agar database lebih efektif serta efisien.
  3. Informasi dari DIKTI masih cukup simpang siur bagi pemula yang akan memulai mengerjakan laporan EPSBED.
    Aplikasi yang dinyatakan tidak berlaku sejak April 2010 di website, ternyata masih digunakan hingga saat ini (Oktober 2011). Padahal struktur database berbeda.
  4. Beberapa universitas telah memiliki Sistem Informasi sendiri, yang mungkin tidak sinkron dengan DIKTI, sehingga perlu penyesuaian.
  5. Staf di Program Studi kurang memiliki kemampuan dalam hal pemanfaatan Teknologi Informasi
Saya dengan background programmer cukup merasa sulit untuk mendapatkan informasi yang benar-benar update tentang struktur database.
Dengan struktur database inilah akan dapat dikembangkan sistem infomasi akademik yang sinkron dengan sistem EPSBED, sehingga mempermudah laporan tiap semesternya.

 

Last Updated on Wednesday, 26 October 2011 09:02